Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 3 Solok Selatan
Kelas / Semester : XII / I
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Materi Pokok : Limit Fungsi Trigonometri
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 Pertemuan )
A.
KOMPETENSI INTI :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menjelaskan dan menentukan limit fungsi trigonometri
4.1 Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan limit fungsi trigonometri
C. INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
Pengetahuan
3.1.1. Memahami
gambar yang berkaitan dengan limit fungsi trogonometri
3.1.2. Mempresentasikan
gambar yang berkaiatan dengan imit fungsi trigonometri
3.1.3. Membuktikan
kebenaran teorema limit fungsi trigonometri menggunakan gambar yang berkaiatan
dengan limiit fungsi trigonometri
Keterampilan
4.1.1. Menyelesaikan
masalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri menggunakan aturan
substitusi
4.1.2. Menyeleaikan
masalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri menggunakan teorema imit
fungsi trigonometri
4.1.3. Menyelesaiakan
masalah berkaiatan dengan lmit fungsi trigonometri dengan menggunakan teorema
limit fungsi trigonometri dan terlebih dahulu memahami aturan pemfaktoran
persamaan linier dan persamaan kuadrat
4.1.4. Menyelesaikan
amsalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri dengan menggunakan
teorema limit fungsi trigonometri dan terlebih dahulu memahami rumus-rumus trigonometri
4.1.5. Menyelesaikan
masalah yang berbentuk limit fungsi trigonometri invers
D. TUUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan kelompok diharapkan siswa dapat
memahami gambar yang berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri
2.
Setelah melalui kegiatan diskusi kelompok
diharapkan siswa dapat mempresentasikan gambar yang berkaiatn dengan limit
fungsi trigonometri
3.
Setelah melalui presentasi, diharapkan siswa dapat
membuktikan kebenaran teorema limit fungsi trigonometri dalam kelompoknya
masing-masing.
4.
Dengan mengingat kembali aturan substitusi dalam
teorema limit fungsi aljabar, diharapkan siswa dapat menerapkannya dalam
menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
5.
Setelah membuktikan kebenaran teorema limit fungsi
trigonometri diharapkan sisa dapat menggunakan teorema tersebut dalam
menyelesaikan masalah berkaitan dengan limit fungsi trigonometri
6.
Melalui kegiatan diskusi kelompok, diharapkan siswa
dapat menggunakan aturan pemfaktoran persamaan linier dan persamaan kuadrat
untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaiatan dengan limit fungsi
trigonometri yang memuat aturan pemfaktoran
7.
Melalui kegiatan diskusi kelompok diharapkan siswa
dapat memilih rumus-rumus trigonometri yang tepat untuk menyederhanakan dan
menyelesaiak permasalahan yang berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri
8.
Melalui kegiatan mandiri dan kelompok diharapkan
siswa dapat menyelesaikan masalah yang berbentuk limit fungsi trigonometri
invers
E.
MATERI
AJAR
1.
Fakta
2.
Konsep
3.
Prosedur
Untuk menentukan nilai suatu
limit fungsi trigonometri dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
a. Substitusi
langsung
b. Menggunakan
rumus umum limit fungsi trigonometri
c. Strategi
pemfaktoran dengan tetap Menggunakan rumus umum limit fungsi trigonometri
d. Memanfaatkan
rumus-rumus dan identitas trigonometri dengan tetap Menggunakan rumus umum
limit fungsi trigonometri
F.
Model,
Metode, dan pendekatan pembelajaran
1.
Model pembelajaran : Cooperative learning
2.
Metode pembelajaran : diskusi, tanya jawab, dan
presentasi
3.
Pendekatan pembelajaran : Scientifik
Methode
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan I (menetukan nilai
limit fungsi trigonometri dengan strategi substitusi langsung, serta menemukan
kembali rumus umum limit fungsi trigonometri dan menggunakannya jika dari hasil
subtitusi langsung menghasilkan bentuk tak tentu)
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengambil absen
·
Penanaman budi pekerti
·
Motivasi
·
Apersepsi (Limit Fungsi aljabar,
perbandingan dan identitas trigonometri, serta rumus luas juring lingkaran)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Fase
1. Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik
Pada fase ini pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
bahwa pada kegiatan pembelajran yang berlangsung bertujuan agar peserta didik
mencapai kompetensi sebagai berikut :
1. Menggunakan
aturan substitusi untuk menyelesaikan masalh berkaiatan dengan limit fungsi
aljabr
2. Memahami
gambar yang berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri
3. Mempresentasikan
gambar yang berkaiatn dengan limit fungsi trigonometri
4. Membuktikan
kebenaran teorema limit fungsi trigonometri dalam kelompoknya masing-masing.
·
Fase
2. Menyajikan informasi
Pada fase ini pendidik secara sekilas terlebih dahulu
menyajikan materi yang berkaiatan dengan :
1.
Aturan
substitusi langsung pada limit fungsi aljabar. Dimana pada strategi substitusi
langsung aturan yang berlaku adalah jika dari hasil substitusi langsung tidak
diperoleh nilai dengan bentuk tak tentu seperti
2.
Jika dari
hasil substitusi langsung menghasilkan salah satu dari bentuk tak tentu
seperti di atas, maka peseta didik dapat menentukan nilai limit yang
bersangkutan menggunakan : rumus umum limit fungsi trigonometri, strategi
faktorisasi, atau memanfaatkan rumus-rumus trigonometri.
3.
Peserta didik
diminta mengemukakan kembali rumus luas juring pada lingkaran
4.
Peserta didik
secara bersama diminta mengemukakan kembali aturan perbandingan dan identitas
trigonometri
5.
Peserta didik
diminta membuka buku siswa halaman 29.
(Rochma,
Aditya Nur. 2016. “Buku Siwa Matematika Untuk SMA/MA XII Peminatan Matematika
dan Ilmu-Ilmu Alam”. Surakarta : Mediatama.)
6.
Peserta didik
diminta mengamati langkah-langkah untuk menentukan rumus umum limit fungsi
trigonometri untuk sinus yang terdapat pada buku tersebut.
7.
Pendidik
menyampaikan bahwa rumus tersebut adalah salah satu dari rumus umum limit
fungsi trigonometri untuk menentukan nilai limit yang bersangkutan. Oleh
karena itu peserta didik diharapkan juga dapat menemukan kembali rumus
umumyang lain untuk cosinus dan tangen
·
Fase
3. mengorganisasi peserta didik kedalam tim-tim
Setelah mengamati dan memahami langkah-langkah
menentukan nilai limit fungsi trigonometri untuk sinus yang terdapat pada
buku siswa tersebut, peserta didik kemudian dibagi menjadi 6 kelompok, 3
kelompok akan ditugaskan untuk menentukan limit fungsi trigonometri untuk
cosinus, dan 3 kelompok lainnya diminta untuk menentukan limit-limit fungsi
trigonometri untuk tangen. Kegiatan ini diharapkan agar peserta didik akan
mendapatkan beberapa rumus umum limit fungsi trigonemetri.
·
Fase
4. membantu kerja tim dan belajar
Selama kegiatan diskusi kelompok berlangsung, pendidik
mendatangi setiap kelompok, lalu akan memeriksa kegiatan siswa dan
mengarahkan siswa agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan
·
Fase
5. evaluasi
1.
Pada fase ini
2 kelompok diminta menampilkan hasil diskusinya didepan kelas. Kelompok yang
tampil merupakan kelompok yang membahas tentang bahagaimana cara menentukan
limit fungsi trigonometri untuk sinus, dan limit fungsi trigonometri untuk
tangen.
2.
Masing-masing
dua kelompok dengan pembahasan yang sama diminta untuk memperhatikan, memberi
tanggapan, dan masukan terhadap kelompok yang tampil.
3.
Pendidik memberikan umpan balik agar siswa dapat
menemukan rumus umum limit fungsi trigonometri dari hasil kegiatan diskusi
dan presentasi tersebut
4.
Setelah
presentasi berakhir, peserta didik diminta mencatat hasil presentasi kedalam
buku catatan masing-masing.
5.
Pendidik
memberikan soal latihan untuk dikerjakan siswa.soal tersebut berkaitan dengan
:
a.
Penggunaan
aturan substitusi langsung dalam menentukan nilai limit fungsi trigonometri
b.
Penggunaan
rumus umum limit fungsi trigonometri dalam menentukan nilai limit fungsi
trigonometri
·
Fase
6. memberikan pengakuan dan penghargaan
Pada fase ini pendidik akan memberikan penghargaan dan
penguatan dari hasil yang dicapai peserta didik selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik memberikan penguatan dan menyimpulkan
tentang materi yang dipelajari
·
Pendidik memberikan tugas untuk dikerjakan siswa
dirumah
·
Pendidik menginformasikan topik dari materi untuk
pertemuan berikutnya yaitu berkiatan dengan strategi fakorisasi untuk
menentukan limit fungsi trigonometri dengan tetap menggunakan rumus umum
limit fungsi trigonometri
·
Pendidik mengakhiri proses pembelajaran dengan salam
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (menentukan nilai
limit fungsi trigonometri menggunakan strategi faktorisasi dengan tetap
menerapkan rumus limit fungsi trigonometri)
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengambil absen
·
Penanaman budi pekerti
·
Motivasi
·
Apersepsi (menentukan nilai limit fungsi
trigonometri dengan substitusi langsung atau rumus umum limit fungsi
trigonometri
|
10 menit
|
Inti
|
·
Fase
1. Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik
Pada fase ini pendidik akan menyampaikan tujuan
pembelajaran bahwa peserta didik diharapkan dapat menentukan nilai limit
fungsi trigonometri dengan strategi faktorisasi jika dengan substitusi langsung
menghasilkan bentuk tak tentu dengan tetap menerapkan rumus limit fungsi
trigonometri
·
Fase
2. Menyajikan informasi
1.
Peserta didik
diarahkan untuk mengingat kembali aturan pemfaktoran pada suatu fungsi
2.
Pendidik
memberikan beberapa contoh soal pemfaktoran fungsi untuk dikerjakan peserta
didik secara bersama
3.
Peserta didik
diarahkan untuk menggunakan aturan pemfaktoran tersebut untuk menentukan
nilai limit fungsi trigonometri yang terdapat pada LKS yang diberikan
·
Fase
3. mengorganisasi peserta didik kedalam tim-tim
Peserta didik diminta untuk bekerjasama sesuai dengan
kelompok belajar pada pertemuan sebelumnya untuk menentukan nilai limit
fungsi trigonometri dengan strategi pemfaktoran pada LKS yang diberikan
·
Fase
4. membantu kerja tim dan belajar
Pendidik
memantau dan memeriksa hasil kerja kelompok satu persatu, serta
memberikan bimbingan pada kelompok yang mengalami kesulitan
·
Fase
5. evaluasi
1.
Semua hasil
kerja kelompok dikumpulkan untuk diperiksa oleh pendidik
2.
Pendidik
memilih beberapa kelompok untuk presentasi berdasarkan hasil kerja kelompok
yang telah dievaluasi sebelumnya
3.
Penserta
didik secara bersama diminta untuk mengevaluasi jika terjadi kesalahan
4.
Peserta didik
secara bersama diminta untuk menyimpulkan langkah menentukan nilai limit
fungsi trigonometri dengan strategi faktorisasi
5.
Pendidik
memberikan tugas untuk dikerjakan siswa secara mandiri
6.
Pendidik
mengevaluasi tugas mandiri peserta didik
·
Fase
6. memberikan pengakuan dan penghargaan
Pada fase ini pendidik akan memberikan penghargaan dan
penguatan dari hasil yang dicapai peserta didik selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik memberikan penguatan dan menyimpulkan
tentang materi yang dipelajari
·
Pendidik memberikan tugas untuk dikerjakan siswa
dirumah
·
Pendidik menginformasikan topik dari materi untuk
pertemuan berikutnya yaitu berkiatan dengan strategi menyederhanakan fungsi
trigonometri yang diberikan menggunakan
rumus-rumus trigonometri untuk menentukan limit fungsi trigonometri
dengan tetap menggunakan rumus umum limit fungsi trigonometri.
·
Peserta didik diminta untuk
membuat rangkuman rumus-rumus trigonomoetri dibuku catatan masing-masing
·
Pendidik mengakhiri proses pembelajaran dengan salam
|
10 menit
|
Pertemuan ke III. (menentukan
nilai limit fungsi trigonometri menggunakan rumus-rumus trigonometri dengan
tetap mempedomani rumus umum limit fungsi trigonometri)
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa
·
Mengambil absen
·
Penanaman budi pekerti
·
Motivasi
·
Apersepsi (Limit Fungsi aljabar,
perbandingan dan identitas trigonometri, serta rumus luas juring lingkaran)
|
10 menit
|
Inti
|
·
Fase
1. Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik
Pada fase ini pendidik akan menyampaikan tujuan
pembelajaran bahwa peserta didik diharapkan dapat menentukan nilai limit
fungsi trigonometri menggunakan rumus-rumus trigonometri jika dengan
substitusi langsung menghasilkan bentuk tak tentu dengan tetap menerapkan
rumus umum limit fungsi trigonometri
·
Fase
2. Menyajikan informasi
1.
Peserta didik
diarahkan untuk mengingat kembali rumus-rumus limit fungsi trigonometri dan
identitas trigonometri
2.
Pendidik
memberikan beberapa contoh soal berkaiatan dengan rumus-rumus dan identitas
trigonometri
3.
Peserta didik
diarahkan untuk menggunakan rumus tersebut untuk menentukan nilai limit
fungsi trigonometri yang terdapat pada LKS yang diberikan
·
Fase
3. mengorganisasi peserta didik kedalam tim-tim
Peserta didik diminta untuk bekerjasama sesuai dengan
kelompok belajar pada pertemuan sebelumnya untuk menentukan nilai limit
fungsi trigonometri dengan strategi pemfaktoran pada LKS yang diberikan
·
Fase
4. membantu kerja tim dan belajar
Pendidik
memantau dan memeriksa hasil kerja kelompok satu persatu, serta
memberikan bimbingan pada kelompok yang mengalami kesulitan
·
Fase
5. evaluasi
1.
Semua hasil
kerja kelompok dikumpulkan untuk diperiksa oleh pendidik
2.
Pendidik
memilih beberapa kelompok untuk presentasi berdasarkan hasil kerja kelompok
yang telah dievaluasi sebelumnya
3.
Penserta
didik secara bersama diminta untuk mengevaluasi jika terjadi kesalahan
4.
Peserta didik
secara bersama diminta untuk menyimpulkan langkah menentukan nilai limit fungsi
trigonometri dengan menggunakan rumus-rumus dan identitas trigonometri
5.
Pendidik
memberikan tugas untuk dikerjakan siswa secara mandiri
6.
Pendidik
mengevaluasi tugas mandiri peserta didik
·
Fase
6. memberikan pengakuan dan penghargaan
Pada fase ini pendidik akan memberikan penghargaan dan
penguatan dari hasil yang dicapai peserta didik selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik memberikan penguatan dan menyimpulkan
tentang materi yang dipelajari
·
Pendidik memberikan tugas untuk dikerjakan siswa
dirumah
·
Pendidik menginformasikan bahwa pada pertemuan
berikutnya akan diadakan ulangan harian I tentang limit fungsi trigonometri
·
Peserta didik diminta untuk
membuat rangkuman materi sebagai syarat untuk ulangan
·
Pendidik mengakhiri proses pembelajaran dengan salam
|
10 menit
|
H.
SUMBER
BELAJAR
1. Buku
:
Rochma, Nur Aditya. 2016.
“Buku Siswa MATEMATIKA untuk SMA/MA XII Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu
Alam”. Surakarta : Mediatama
Tampomas, Husein. 2008.
“Seribu Pena MATEMATIKA untuk SMA/MA kelas XI”. Jakarta : Erlangga
Wirodikromo, Sartono. 2007.
“MATEMATIKA untuk SMA kelas XI”. Jakarta : Erlangga.
2. Internet
I.
Penilaian
pembelajaran
1. Penilaian
proses : Kerja kelompok
2. Penilaian
hasil : Tugas Mandiri dan Ulangan
Harian
J.
Bentuk
instrumen penilaian
1. Penilaian
proses
BLANKO PENILAIAN DISKUSI
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
penilaian
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerjasama
|
||||
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI
KELOMPOK
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
jumlah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||
Keterangan :
1.
Kemampuan menyampaikan
pendapat
2.
Kemampuan berargumentasi
3.
Kemampuan mengajukan
pertanyaan
4.
Kemampuan berbahasa yang baik
5.
Kemampua berbicara
6.
Kemampuan menanggapi pertanyaan/pendapat
7.
Kemampuan mendengarkan
pendapat
Skor
Tidak baik : 1
Kurang baik : 2
Cukup baik : 3
Baik : 4
Sangat baik : 5
Jumlah skor
28 – 35 : Sangat baik
21 – 27 : Baik
14 – 20 : Cukup Baik
RUBRIK
SOAL ULANGAN HARIAN
Indikator soal
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
skor
|
4.1.1. Menyelesaikan
masalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri menggunakan aturan
substitusi
|
Tentukan nilai limit berikut:
|
10
|
|
4.1.2. Menyeleaikan
masalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri menggunakan rumus umum limit fungsi trigonometri
|
Tentukan nilai limit berikut :
a.
b.
|
a.
b.
|
10
|
4.1.3. Menyelesaiakan
masalah berkaiatan dengan lmit fungsi trigonometri dengan menggunakan
teorema limit fungsi trigonometri dan terlebih dahulu memahami aturan
pemfaktoran persamaan linier dan persamaan kuadrat
|
Tentukan
nilai limit berikut:
|
10
|
|
4.1.4. Menyelesaikan
amsalah berkaiatan dengan limit fungsi trigonometri dengan
menggunakan teorema limit fungsi trigonometri dan terlebih dahulu
memahami rumus-rumus trigonometri
|
Tentukan nilai limit berikut
|
10
|
|
Tentukan Nilai limit berikut:
|
10
|
||
Skor total
|
50
|
Mengetahui,
Kepala
SMA N 3 Solok Selatan
SYAMSURIA,
S.Pd, MM
NIP.
19680702 199203 1 006
|
Lubuk
Gadang,......... Juli 2017
Guru
Mata Pelajaran
DENI
NOVALITA, S.Pd
NIP.
-
|
bisa minta filenya??
ReplyDeletekk bisa minta filenya?
ReplyDeleteOnline Baccarat & Strategy - FBCasino
ReplyDeleteOnline Baccarat & Strategy · Learn 바카라 to 샌즈카지노 play and win 바카라 at the best online casinos and casinos! · Learn the rules for real money casino games.